Loading...
img

Gembira Loka Zoo Peroleh Akreditasi Sangat Baik dari Kementrian

img

Yogyakarta, Januari 2023 – Pada tanggal 24 September 2022, di Gembira Loka Zoo Yogyakarta telah dilakukan penilaian oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Berdasarkan hasil penilaian, Gembira Loka Zoo Yogyakarta mendapat nilai mutu A (Sangat Baik) dan akan berlaku selama lima tahun kedepan. Hal itu menunjukan, untuk saat ini, Gembira Loka Zoo sebagai satu-satunya kebun binatang yang mendapatkan akreditasi sangat baik di Indonesia. Pelaksanaan penilaian tersebut sesuai dengan Pedoman Penilaian Lembaga Konservasi, yang meliputi tujuh komponen, yaitu Administrasi dan Fasilitas Pengelolaan, Pengelolaan Satwa, Kesehatan Satwa, Fasilitas Pengunjung, Konservasi dan Pemberdayaan Masyarakat, serta Sumber Daya Manusia dan Keberlanjutan (Sustainability).

Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali lagi mengadakan penilaian lembaga konservasi setelah 11 tahun terakhir diadakan penilaian, tepatnya di tahun 2011. Lembaga konservasi terbagi menjadi dua kepentingan, yaitu umum dan khusus. Lembaga konservasi umum sendiri terdiri dari beberapa kategori, di antaranya Taman Safari, Kebun Binatang, dan Taman Satwa. Perbedaan di antara ketiganya, terletak dalam keluasan wilayah. Tempat pemeliharaan satwa disebut taman safari apabila luasan lahan minimal 50 hektar, kebun binatang minimal seluas 15 hektar, dan taman satwa minimal seluas 2 hektar. Kebun Raya dan Kebun Binatang (KRKB) Gembira Loka Zoo termasuk kategori Kebun Binatang yang menjadi salah satu dari  penilaian lembaga konservasi oleh KLHK.

Kegiatan penilaian berlangsung pada tanggal 24 September 2022. Pelaksanaan penilaian tersebut sesuai dengan Perdirjen PHKA No: P.6/IV-SET/2011 atau Pedoman Penilaian Lembaga Konservasi yang meliputi tujuh komponen, yaitu Administrasi dan Fasilitas Pengelolaan, Pengelolaan Satwa, Kesehatan Satwa, Fasilitas Pengunjung, Konservasi dan Pemberdayaan Masyarakat, serta Sumber Daya Manusia dan Keberlanjutan (Sustainability). Berdasarkan hasil penilaian ketujuh komponen, Gembira Loka Zoo Yogyakarta mendapat nilai total 84,47 atau nilai huruf mutu A (Sangat Baik).

“Hal ini juga menunjukan, Gembira Loka Zoo berkomitmen penuh sebagai lembaga konservasi membangun kebun binatang yang lebih baik dengan berlandaskan visi dan kewajiban daintaranya: merawat dengan etika dan menjaga kesejahteraan satwa sebagai dasar wajib, dapat menjalankan fungsi sebagai tempat edukasi dan riset, memiliki program breeding terkontrol untuk menjaga kemurnian genetik satwa dan collection planning untuk program jangka panjang, dan memiliki andil besar menjadi tempat konservasi satwa di habitat aslinya sebagai tujuan utama” Ucap KMT A. Tirtodiprojo, Direktur Utama Gembira Loka Zoo.

Terakreditasinya lembaga konservasi ini dapat digunakan untuk menghindari terjadinya praktik buruk manajemen yang akan mempengaruhi kualitas hidup satwa. Selain itu, Gembira Loka Zoo juga akan terus meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas yang maksimal untuk para pengunjung. 


Contact Person

Staff Public Relations

info@gembiraloka.com