Loading...
img

Harimau Sumatera

Panthera tigris sumatrae

Harimau sumatra merupakan harimau yang memiliki ukuran terkecil dibandingkan subspesies harimau jenis lainnya. Harimau sumatra mempunyai warna paling gelap di antara semua subspesies harimau lainnya, pola hitamnya berukuran lebar dan jaraknya rapat dan juga berhimpitan. Harimau sumatra jantan dewasa memiliki panjang rata-rata dari kepala ke kaki atau sekitar 250 cm dengan berat sekitar 140 kg, sedangkan tinggi dari jantan dapat mencapai 60 cm. Betinanya rata-rata memiliki panjang sekitar 198 cm dan berat sekitar 91 kg.

img
Harimau Sumatera
Klasifikasi

Kelas : Mammalia Ordo : Carnivora Famili : Felidae Genus : Panthera Spesies : Panthera tigris Subspesies : Panthera tigris sondaica

Makanan

Rusa, Kerbau, Kijang, Babi, Burung, Ikan, Reptil

Reproduksi

Harimau sumatra siap kawin saat menginjak usia 3-5 tahun, dengan masa bunting berlangsung selama 3-4 bulan. Dalam sekali melahirkan Harimau betina dapat melahirkan 1-3 anakan.

Perilaku

Harimau merupakan satwa yang suka menyendiri (soliter), satu-satunya hubungan jangka panjang adalah antara sang induk dan anaknya. Harimau paling aktif di malam hari, saat mangsanya hewan buruannya paling aktif, meskipun begitu harimau bisa aktif kapan saja sepanjang hari. Harimau juga merupakan pemanjat yang sangat baik, mereka menggunakan cakarnya dan kaki yang kuat untuk memanjat pohon.

Habitat

Hutan, Hutan Hujan, Sabana, Semak belukar