Suran, GL Zoo 'Wayangan' Bersama Ki Benyek Gembira Loka Zoo
Kirim Pesan Disini
×
_
_

Kirim Pesan Melalui FP Facebook @GLZooJogja, Jangan Lupa LIKE ya!

detil

Berita

category > Berita

Suran, GL Zoo 'Wayangan' Bersama Ki Benyek

GL Zoo – Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta pada Sabtu (15/9) ini menggelar wayang kulit semalam suntuk di halaman gerbang timur (pintu masuk) kebun binatang tersebut. Dalang Ki Catur “Benyek” Kuncoro dari Yogyakarta siap menyuguhkan lakon Wahyu Cakraningrat.

Humas GL Zoo Eros Yan Renanda menjelaskan, pementasan wayang kulit ini dalam rangka Suran 1440 H. “Pagelaran ini untuk memberikan hiburan bagi masyarakat, khususnya warga di sekitar Gembira Loka,” tutur Eros, Kamis (13/9).

Menurutnya, persembahan wayang kulit akan dimulai jam 8 malam. Lakon Wahyu Cakraningrat menceritakan Prabu Duryudana bersedih setelah mengetahui putranya Raden Sarojakusuma hilang, akan tetapi Pandhita Durna mengatakan bahwa Sarojakusuma pergi ke Hutan Krendhawahana untuk mendapatkan Wahyu Cakraningrat yang telah diturunkan para dewa.

Maka berangkatlah Kurawa untuk menyusulnya. Di hutan yang sama Raden Setyaki bersama Patih Undawa juga menunggu Raden Samba yang bertapa untuk menggayuh Wahyu Cakraningrat.

Di luar hutan terjadilah pertempuran antara Setyaki melawan Kurawa, untuk memperebutkan siapa yang berhak masuk ke hutan itu. Disisi lain, ternyata Raden Sarojakusuma meminta bantuan Bathari Durga. Di kahyangan, Bathara Guru bersama Narada mengutus Wahyu Cakraningrat untuk turun ke bumi, tetapi di jalan dihadang Bathari Durga.

Walaupun Raden Sarojakusuma bisa mendapatkan Wahyu Cakraningrat, namun karena tidak sejiwa akhirnya oncat dari raganya. Akhirnya menitislah ke Raden Samba, namun karena Raden Samba congkak, Wahyu Keprabon itu juga tidak betah lalu keluar dari raga Raden Samba. Kemudian, masuklah wahyu tersebut ke dalam raga Abimanyu yang sedang bertapa, sehingga kelak Abimanyu-lah yang dapat menurunkan raja di Tanah Jawa. (Humas GL Zoo)
Gembira Loka Zoo




Gembira Loka Zoo Map