Melalui Lakon "Wahyu Cakraningrat" Diharapkan GL Zoo Jauh dari Bencana Gembira Loka Zoo
Kirim Pesan Disini
×
_
_

Kirim Pesan Melalui FP Facebook @GLZooJogja, Jangan Lupa LIKE ya!

detil

Berita

category > Berita

Melalui Lakon "Wahyu Cakraningrat" Diharapkan GL Zoo Jauh dari Bencana

GL Zoo – Pagelaran wayang kulit semalam suntuk di Objek Wisata Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta dimeriahkan dengan pelawak Waluyo dan Cangik, Sabtu (15/9). Pertunjukan malam itu selain disaksikan para pengurus yayasan, pejabat dan karyawan GL Zoo, juga warga sekitar kebun binatang setempat.

Cerita pewayangan Wahyu Cakraningrat dibawakan Ki Dalang Catur “Benyek” Kuncoro. Pertunjukan yang dilaksanakan bertepatan dengan bulan Sura ini dimaksudkan untuk nguri-uri budaya Jawa. Sebelum pementasan diawali dengan penyerahan tokoh wayang oleh Ketua Yayasan GL Zoo, GBPH Yudhaningrat kepada dalang Ki Benyek.

Ki dalang menceritakan tentang tiga ksatria yang memperebutkan Wahyu Cakraningrat. Ketiganya berambisi menjadi raja. Mereka meyakini siapa yang menggayuh wahyu tersebut akan memegang tampuk pimpinan menjadi raja. Meski Raden Sarojakusuma berhasil mendapatkan Wahyu Cakraningrat, tapi karena tidak sejiwa akhirnya wahyu tersebut oncat dari raganya. Lalu menitislah ke Raden Samba, namun karena Raden Samba congkak, Wahyu Keprabon itu juga tidak betah dan keluar dari raga Raden Samba. Kemudian, masuklah wahyu tersebut ke dalam raga Abimanyu yang sedang bertapa, sehingga kelak Abimanyu-lah yang dapat menurunkan raja di Tanah Jawa.

Dengan pementasan itu, Gusti Yudha berharap para penonton akan mampu memetik pelajaran dan mengambil hikmah dari lakon tersebut. “Kita juga berharap, GL Zoo ke depan akan tambah maju dan dijauhkan dari bencana,” pintanya. (Humas GL Zoo)
Gembira Loka Zoo




Gembira Loka Zoo Map