Libur Imlek, GL Zoo Dibanjiri Pengunjung Gembira Loka Zoo

detil

Berita

category > Berita

Libur Imlek, GL Zoo Dibanjiri Pengunjung

GL Zoo – Objek wisata Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta dibanjiri belasan ribu pengunjung pada liburan Tahun Baru Imlek 2568, Sabtu (28/1/2017). Hingga pukul 13.30 WIB jumlah pengunjung kebun binatang itu sudah mencapai hampir 10 ribu orang. Mereka bukan saja datang dari wilayah Yogya, tapi juga dari luar kota seperti Semarang, Ponorogo, Jakarta dan Lampung.

Bertepatan dengan Perayaan Tahun Baru Cina tersebut, anak-anak yang datang disertai orangtuanya diberi kesempatan untuk memetik angpau dari pohon sakura. Angpau warna merah yang digantungkan di pohon itu berisi voucher tiket gratis untuk naik wahana di kebun binatang setempat.

Menurut Agnes Armi, Manager Marketing GL Zoo, kesempatan mendapatkan angpau untuk anak-anak dengan cara dipetik itu bisa didapatkan hingga 3 Pebruari nanti di halaman dalam pintu masuk GL Zoo. Pada liburan Imlek kali ini GL Zoo juga memberlakukan pintu tambahan di sebelah barat melalui Jalan Veteran. “Di pintu barat kami sediakan tempat parkir yang cukup luas bagi pengunjung,” tuturnya.

Kepala Bidang Wisata setempat, Hery Dharma Setiawan menjelasakan, khusus liburan Imlek ini pihaknya mengoperasionalkan seluruh transpor keliling (Taring) yang ada. “Delapan unit Taring kami jalankan semua bagi pengunjung . Kalau hari biasa hanya empat unit saja yang kami operasionalkan,” katanya.

Sementara atraksi satwa terampil yang digelar gratis bagi pengunjung, khusus pada libruan Imlek dipentaskan hingga enam kali. “Kalau hari biasa hanya pentas dua-atau tiga kali saja,” tutur Gunadi yang mengurusi pentas satwa terampil di kebun binatang itu.

Azizi, salah seorang pengunjung dari Lampung mengaku kunjungannya ke GL Zoo bersama istri dan kedua anaknya memanfaatkan liburan akhir pekan ini. “Saya dari Lampung hanya membawa mobil sendiri untuk berwisata di objek-objek wisata di Yogyakarta, termasuk kebun binatang ini,” tuturnya saat ditemui di GL Zoo.

Agnes Armi  mengakui sepanjang 2016 lalu angka pengunjung mengalami penurunan 9 persen dibanding tahun sebelumnya. Selama 2015 jumlah pengunjung mencapai hampir 1,8 juta sedangkan pada 2016 angka pengunjung menurun menjadi kurang dari 1,7 juta. Penyebabnya antara lain seringnya terjadi cuaca buruk hujan lebat disertai angin. Juga, banyaknya bermunculan objek wisata baru alternatif seperti kawasan pengunungan dan pantai. (bam)

Gembira Loka Zoo




Gembira Loka Zoo Map