Kamis Malam Ini GL Zoo Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk Gembira Loka Zoo
Kirim Pesan Disini
×
_
_

Kirim Pesan Melalui FP Facebook @GLZooJogja, Jangan Lupa LIKE ya!

detil

Berita

category > Berita

Kamis Malam Ini GL Zoo Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk

GL Zoo – Objek wisata Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta pada hari Kamis (26/9/2019) malam ini menggelar wayang kulit semalam suntuk di halaman masuk pintu timur kebun binatang setempat. Dalang Ki Catur Benyek Kuncoro dari Yogyakarta bakal menyuguhkan lakon “Wahyu Makutharama”.

Kabag Humas GL Zoo, Eros Yan Renanda menjelaskan, pementasan wayang kulit ini diselenggarakan dalam rangka Suran 1441 H. “Ki Dalang Catur Benyek akan mementaskan lakon Wahyu Makutharama mulai jam 8 malam, untuk memberikan hiburan untuk masyarakat, khususnya warga sekitar Gembira Loka,” jelas Eros di ruang kerjanya, Rabu kemarin.

Lakon Wahyu Makutharama menceritakan Duryudana yang merasa gelisah dengan hadirnya seorang Pandhita bernama Begawan Kesawasidhi. Kegelisahan itu terjadi karena sang begawan banyak mengajarkan ilmu kebaikan kepada masyarakat, dan satu hal lagi karena sang begawan dikabarkan membawa sebuah Wahyu Makutharama. Yaitu, sebuah wahyu yang dipercaya siapa pun yang mendapatkannya akan mampu menurunkan raja-raja besar di Tanah Jawa.

Maka diutuslah Adipati Karna untuk mendatangi Kesawasidhi untuk meminta Wahyu Makutharama atau sang begawan pergi dari Pertapan Kutharungu yang di klaim masuk wilayah Hastinapura.

Setelah terjadi debat antara Adipati Karna dan Begawan Kesawasidhi. Hanoman dan kadang Bayu (Gajah Situbondo, Garuda Mahambira, dan seekor naga) yang telah lama mengabdi pada sang begawan merasa tersinggung terhadap perlakuan Adipati Karna kepada sesembahannya. Maka terjadilah perselisihan antarkeduanya. Perang tak terhindarkan, sampai suatu ketika Adipati Karna mengeluarkan senjata Kunta Wijayandanu. Namun dengan sigap Anoman menangkap panah pusaka tersebut. Adipati Karna merasa malu dan mundur dari peperangan.

Ketika pasukan Korawa mundur, datanglah Raden Arjuna yang berniat mengabdi kepada sang Begawan, akhirnya Raden Arjuna-lah yang mendapatkan Wahyu Makutharama, setelah menerima wejangan HastaBrata. (Humas GL Zoo)
Gembira Loka Zoo




Gembira Loka Zoo Map