Hadapi Lebaran, Akuarium GL Zoo Dipercantik Dengan Aquascape Gembira Loka Zoo

detil

Berita

category > Berita

Hadapi Lebaran, Akuarium GL Zoo Dipercantik Dengan Aquascape

GL Zoo – Menghadapi lebaran ini akuarium Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta dipercantik dengan pembuatan aquascape. Dengan penanaman tanaman air, rerumputan, kayu apung, pasir putih dan pengisian ikan kecil-kecil sehingga akuarium di kebun binatang setempat tampak seperti suasana di dasar laut.

   Kanit Reptil & Pisces GL Zoo, Sidik Pramana menjelaskan, ada empat akuarium yang dibuat aquascape. “Di ruang pamer akuarium GL Zoo semua ada dua puluh buah akuarium, tapi hanya empat akuarium saja yang dipasang aquascape,” jelas Sidik, Jumat (9/6).

   Keempat akuarium yang dipasang tanaman hidup itu di antaranya bergaya natural alami, stem plant dengan memperbanyak tanaman batang, dan model air terjun pasir (waterfall). Sedangkan ikan cantik yang mengisi akuarium itu jenis ikan dan udang kecil-kecil, seperti ikan neon, amandai, srigunting dan ikan neon api.

  Ahmad Roiz, salah satu perajin yang menyeting aquascape di kebun binatang itu menerangkan, pengerjaan satu aquascape butuh waktu satu hingga dua hari. “Kalau akuariumnya kecil, susah bikinnya. Semakin besar bentuk akuariumnya kian gampang pengerjaan aquascape,” jelasnya.

   Aquascape diakui masih jarang menghias ruang tamu di rumah-rumah tangga warga biasa, dan baru sebagian perguruan tinggi dan perkantoran saja yang memilikinya. “Kalau bukan orang kaya, biasanya tidak mampu memiliki aquascape karena ongkos pembuatannya mahal hingga puluhan juta rupiah,” tutur Roiz, yang juga distributor tanaman aquascape.

   Akuarium GL Zoo yang diresmikan oleh KGPAA Paku Alam VIII pada 12 Desember 1994 lalu terletak berhadapan dengan wahana terapi ikan. Di akuarium ini memiliki koleksi belasan jenis ikan cantik-cantik yang bisa disaksikan pengunjung. (bam)

Gembira Loka Zoo




Gembira Loka Zoo Map